Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Salah satu pemicu sakit kepala sebelah adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Setiap individu memiliki reaksi spesifik terhadap jenis bahan makanan pencetus migrain. Artinya bahan makanan tertentu bisa tidak mencetuskan reaksi apapun pada satu orang. padahal pada orang lain menimbulkan mirgain. Bergitu pun dengan berat-ringannya serangan migrain, sangat khas untuk setiap orang.

Biang kerok  yang paling berperan mencetuskan migrain adalah lemak, terutama jenis lemak-lemak jahat yang mudah rusak karena proses oksidasi, seperti pemasakan lama dan/ atau  dengan pi besar atau pada suhu tinggi. Di antaranya lemak tak jenuh, kolesterol, lemak trans dan lemak tak jenuh jamak. Belum jelas bagaimana rangkaian sebab-akibat dari migrain, namun diduga radikal bebas yang dihasilkannya mencemari senyawa biokimiawi penyampai pesan saraf dalam serabut otak.

Salah satu pemicu sakit kepala sebelah adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Setiap individu memiliki reaksi spesifik terhadap jenis bahan makanan pencetus migrain. Artinya bahan makanan tertentu bisa tidak mencetuskan reaksi apapun pada satu orang. padahal pada orang lain menimbulkan mirgain. Bergitu pun dengan berat-ringannya serangan migrain, sangat khas untuk setiap orang.

Biang kerok  yang paling berperan mencetuskan migrain adalah lemak, terutama jenis lemak-lemak jahat yang mudah rusak karena proses oksidasi, seperti pemasakan lama dan/ atau  dengan pi besar atau pada suhu tinggi. Di antaranya lemak tak jenuh, kolesterol, lemak trans dan lemak tak jenuh jamak. Belum jelasa bagaimana rangkaian sebab-akibat dari migrain, namun diduga radikal bebas yang dihasilkannya mencemari senyawa biokimiawi penyampai pesan saraf dalam serabut otak.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah secara alami tanpa harus menggunakan obat :

1. Istirahatkan badan. Penderita sakit kepala peka terhadap cahaya, sangat dianjurkan untuk beristirahat di tempat gelap dan tenang. Jauhilah sumber-sumber keramaian dan usahalan untuk tidur

2. Kompres kepala dengan air dingin atau es untuk embantu menyempitkan pembuluh darah

3. Hangatkan bagian leher. Istirahatkan tulang leher karena kelelahan pada leher dapat memicu rasa sakit kepala sebelah. Ketika istirahat, coba hangatkan leher dan berikan pijatan lembut

4. Minumlah obat pereda rasa sakit. Ada banyak obat perdada rasa sakit sperti analgesik, antipiretik dan antiaspirin. Sekedar mengingatkan, jangan sembarang minum obat. Harap konsultasikan dengan dokter.

Selain mengatasi, adapula upaya pencegahan yang harus dilakukan ketika sakit kepala menyerang kembali, diantaranya adalah

1. Jauhi faktor-faktor pencetus sakit kepala sebelah. Selain jumlah faktor yang sudaj disebutkan diatas. Penderita sakit kepala sebelah juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Ada bebreapa makanan yang daapat memicu munculnya migrain, tentunya tergantung dari sensitivitas masing-masing individu. Hindari makanan yang mengandug alkohol, kafein, keju, dan penguat rasa.

2. Konsumsilah makanan yang mengandung bubur gandum, kacang-kacangan, jahe, air putih

3. Hindari benda yang menimbulkan bau yang cukup tajam seperti parfum, aroma body spray, bau asap rokok, bau bahan bakar minyak.

4. Jangan terlalu lama berdiri atau duduk terlalu lama

5. Jangan terlalu berada diluar dengan paparan sinar matahari yang berlangsnug

6. Ciptakan lingkungan yang bersih dan perubahan kebiasaan yang mulai ditinggalkan

7. Mengatur waktu tidur dengan baik

8. Mengkonsumi sukemen tambahkan unutk meningatkan nafsu makan.

Ada banyak obat pereda rasa sakit seperti analgesik, antipiretik dan antiaspirin. Sekedar mengingatkan, jangan sembarang minum obat. Harap konsultasikan dengan dokter.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sakit Kepala Membantu Meredakan Sakit Kepala dan Melancarkan Peredaran Darah Menuju Kepala, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Kepala Sebelah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>