Sakit Kepala Sebelah Terus-Menerus

Pernah merasakan pusing berdenyut dan menusuk-nusuk dibagian tengah kepala? Biasanya berawal pada daerah mata dan pelipis, kadang disertai mual hingga muntah-muntah. Kalau Anda penderita migrain, teliti kembali pola makan Anda, karena itulah salah satu penyebab sekaligus obatnya.

Migrain merupakan penyakit kepala yang sangat mengganggu. Sekalipun bisa menyerang seluruh kepala, gejala paling umum adalah rasa sakit di separuh kepala. Berdenyut-denyut, disertai rasa seperti ditusuk-tusuk, awalnya muncul di sekitar daerah mata atau pelipis di atas ujung alis. Meskipun, menurut para ahli kesehatan, tidak semua sakit kepala sebelah berarti migrain.

Lama-lama rasa sakit setempat di sekitar mata atau pelipis ini akan menjalar, hingga mencengkram sekujur separuh kepala, kanan atau kiri. Bila gangguannya berat, mata akan terasa sakit jika bola mata digerakkan. Apalagi bila kita menundukkan kepala, menbungkukkan badan, bekerja berat, atau silau terkena cahaya yang cukup terang.

Kebanyakan penderita migrain adalah wanita. Uniknya wanita pengidap migrain umumnya memiliki stereotipe tertentu. Yakni bertubuh langsing, sangat peduli tehadap penampilan bahkan cenderung ingin tampil sempurna, perasaannya mudah tergugah, berkepribadian kompulsif cenderung ambisius, haus tantangan. Namun sebaliknya, kemarahannya mudah meledak (tempramental), sulit mengendalikan emosi-baik kemarahan maupun kegembiraan atau justru sangat tertutup. Jika bekerja mereka berambisi sukses di kantor maupun di rumah.

Gempuran rasa sakit akibat migrain bisa berlangsung ‘Cuma” 2 jam, bisa juga sampai 72 jam alias tiga hari tiga malam tanpa henti! Ada migrain yang munculnya tidak kenal waktu; kapan saja. Adapula migrain yang muncul secara rutin dan berkala, misalnya 2 kali sebulan. Yang rutin antara lain disebabkan oleh faktor hormonal, misalnya migrain yang muncul di saat haid, masa subur (ovulasi), pelonjakan kadar hormon estrogen akibat suntik KB atau minum obat KB.

Serangan migrain yang hebat bisa membuat selaput lendir hidung dan mata menbengkak, sehingga hidung tersumbat. Biasanya hidung lalu buntu seperti menderita pilek berat, dibarengi mata sakit serasa bola mata mau copot, terutama kalau menunduk. Muka pucat, kaki tangan berkeringat dingin, tubuh gemetar, kadang banyak menguap, diare, mual, bahkan muntah-muntah dan sering buang air kecil.

Migrain tidak datang tiba-tiba. Ketika serabut otak mulai menegang, timbul gejala khas yang menandai akan datangnya serangan migrain yang sesungguhnya yang disebut aura. Yakni penglihatan kabur, mata berkunang-kunang, kesemutan pada jari-jari disertai rasa lemah yang akan menjalar ke seluruh lengan, terus ke kepala. Pada migrain berat, serangannya ditandai gangguan bicara, misalnya sulit memilih kata-kata yang akan diucapkan atau berbicara berbeda dari yang dipikirkan. Ketika gangguan pembuluh darah melebar ke bagian kepala di luar otak, mulailah serangan pusing sebelah yang sesungguhnya.

Kemudian rasa nyeri pada bagian muka berupa nyeri di sebelah atau di seluruh muka yang menurut perkiraan juga disebabkan oleh pelebaran pembuluh. Sering kali nyeri di rasakan terus-menerus dan sewaktu-waktu diperhebat oleh serangan-serangan, seperti tertusuk-tusuk jarum. Di samping itu masih dikenal nyeri pada muka yang jarang sekali terjadi, antara lain radang saraf tertentu (trigeminus neuralgia) yang sebaiknya tiak diobati sendiri, seperti halnya dengan nyeri kepala cluster dan migrain hebat.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sakit Kepala Membantu Meredakan Sakit Kepala dan Melancarkan Peredaran Darah Menuju Kepala, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Kepala Sebelah and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *